Narbal

Sabtu, 17 Desember 2011

BELAJAR BAHASA INGGRIS KILAT

Present Perfect Tense

Present perfect tense merupakan bentuk waktu atau tingkatan ketiga dari tenses present. Adapun rumus pembuatan present perfect tense seperti ini:

(+) S+Have/Has+V3+O
(-) S+Have/Has+not+V3+O
(?) Have/Has+S+V3+O ?

Present perfect tense sendiri digunakan untuk:

  1. Menyatakan perbuatan yang sedang terjadi di masa lampau tapi masih ada hubungannya dengan waktu sekarang.
    - I have written article since at 07.00 o’clock until now.
    - Saya telah menulis artikel sejak pukul 07.00 hingga sekarang.
  2. Menyatakan aktivitas yang telah terjadi.
    - He has read magazine.
    - Dia telah membaca majalah.

Time signal yang biasa menyertai present perfect tense: Baca Selengkapnya…

August 8th, 2011, By Umar Hadi

Menggunakan Question Word (Kata Tanya)

Apa itu question word ?

Question word merupakan kata yang digunakan untuk membuat sebuah pertanyaan. Berikut ini adalah macam-macam question word beserta fungsinya:

  • Who (siapa): digunakan untuk menanyakan orang sebagai subyek.
  • Whom (siapa): digunakan untuk menayakan orang sebagai objek.
  • What (apa): digunakan untuk menanyakan benda, jabatan, binatang dan kegiatan.
  • Why (mengapa): digunakan untuk menanyakan alasan.
  • How (bagaimana): digunakan untuk menanyakan keadaan atau cara.
  • Where (dimana/kemana): digunakan untuk menanyakan tempat.
  • When (kapan): digunakan untuk menanyakan waktu.
  • Whose (siapa punya): digunakan untuk menanyakan kepunyaan.
  • Which (pilihan): digunakan untuk menanyakan pilihan.
  • How many (berapa banyak): digunakan untuk menanyakan benda yang dapat dihitung.
  • How much (berapa banyak): digunakan untuk menanyakan benda yang tak dapat dihitung.
  • How long (seberapa lama): digunakan untuk menayakan durasi waktu atau lamanya kejadian.
  • How far (berapa jarak): untuk menanyakan jarak.
  • How old (berapa usia): menanyakan usia.
  • How tall (berapa tinggi): menanyakan tinggi benda.
  • How weight (berapa berat) menanyakan berat.

Bagaimana ?

Banyak sekali bukan, kata-kata tanya (question words) di atas tentu membantu dalam membuat sebuah pertanyaan. Jangan lupa, dihafalkan ya…Karena ketika kita mengajukan sebuah pertanyaan tentu membutuhkan kata-kata di atas.

Tetap semangat !

June 26th, 2011, By Umar Hadi

Present Continuos Tense

Tingkatan kedua dalam present tense adalah Present Continuous Tense. Sebelum Anda belajar mengenai Present Continuous Tense ini, alangkah baiknya jika Anda pelajari ulang hingga benar-benar hafal tenses sebelumnya, yakni simple present tense. Jika sudah, yuk kita lanjutkan.

Apa sih Present Continuous Tense itu ?

Present continuos tense digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang sedang terjadi sekarang dan masih berlangsung. Misalkan saja, Budi sedang pergi ke sekolah sekarang, dia sedang bermain sepak bola, mereka sedang ada rapat bulanan, kami sedang belajar bahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Anda bisa buat contoh sendiri nantinya.

Ciri-ciri dari pada tenses present continuous ini adalah adanya waktu SEDANG (sedang berlangsung), saya yakin dari contoh-contoh di atas Anda sudah bisa membayangkan bagaimana present continuous ini digunakan.

Adapun mengenai rumus pembuatan present continuous tense sebagai berikut: Baca Selengkapnya…

June 9th, 2011, By Umar Hadi

Simple Present Tense

Sekarang kita akan memasuki pembahasan rincian macam dan bentuk waktu dalam bahasa Inggris yang sebelumnya telah disebutkan. Kali ini yang akan kita bahasa adalah Simple Present Tense.

Apa itu Simple Present Tense ?

Simple Present Tense merupakan bentuk waktu yang ada dalam bahasa Inggris yang di gunakan untuk:

1. Menyatakan kebiasaan sehari-hari.

Contoh:
I learn internet marketing
Saya belajar internet marketing

2. Untuk menyatakan kebenaran umum.

Contoh:
The Sun Rises in the East
Matahari terbit dari arah timur

Bagaimana cara membentuk kalimat Simple Present Tense tersebut ? Baca Selengkapnya…

June 5th, 2011, By Umar Hadi

Tenses Bahasa Inggris | Macam dan Bentuk Waktu Bahasa Inggris

Tenses bahasa Inggris merupakan macam dan bentuk waktu dalam bahasa Inggris. Tentu saja yang namanya waktu dalam kehidupan ini tak luput dari 3 macam, yakni waktu sekarang, lampau dan akan datang. Demikian dengan waktu yang ada dalam bahasa Inggris, cuman di dalam bahasa Inggris masih ada pembagiannya lagi.

Dengan adanya tenses bahasa Inggris ini akan memudahkan kita dalam belajar bahasa Inggris karena kita akan mengetahui arti suatu kalimat kapan waktu itu terjadi sekaligus sebagai bekal pokok kita dalam menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar tidak hanya dari pemahaman saja tapi juga dari segi gramatikal.

Kalau Anda sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui macam dan bentuk waktu dalam bahasa Inggris (Tenses Bahasa Inggris), yuk kita pelajari bersama-sama, silahkan simak ya daftar 4 macam tenses bahasa Inggris ini, setiap 4 macam mempunyai tingkatan masing-masing. Jika ditotal ada 16 Tenses Bahasa Inggris:

Berikut rinciannya: Baca Selengkapnya…

July 27th, 2010, By Umar Hadi

Bahasa itu Skill Bukan Knowledge (Pengetahuan)

Banyak buku-buku dan tempat kursus bahasa Inggris yang mengajarkan kita bagaimana bisa belajar bahasa Inggris. Namun sayang dari banyak buku-buku dan kursus bahasa Inggris tersebut banyak menekankan dan mengajar bahasa Inggris pada sisi teknisnya, yaitu grammer.

Padahal kalau kita lihat hakekat bahasa itu sendiri adalah sebagai alat komunikasi antara satu dengan yang lain, dan kalau kita tinjau lagi, tentunya orang berbahasa menggunakan mulut dalam komunikasinya di lain pihak ada orang yang mendengarkan.

Memang grammer merupakan alat untuk bisa bahasa Inggris, tapi itu bukanlah tujuan utama orang belajar bahasa Inggris. Tapi kenyataan mengatakan selama ini orang banyak berkutat di lingkaran tersebut ketika belajar bahasa Inggris yang harus mengetahui dan menghafal rumus-rumus grammer yang kadang menjemukan dan membuat orang frustasi.

Salah satu pakar bahasa Inggris bapak Teguh Handoko menyatakan bahwa kesalahan yang sering terjadi ketika orang berkomunikasi bahasa Inggris dengan orang asing adalah masalah pengucapan (pronunciation) sehingga sering terjadi kesalah fahaman.

Di sini beliau lebih menekankan inti daripada tujuan utama belajar bahasa Inggris itu sendiri, yakni pembentukan 4 ketrampilan berkomunikasi, yaitu: listening, speaking, writing, dan reading. Beliau menggunakan metode full conversation dalam metode mengajarnya seperti yang tertuang di Teguh Handoko.

July 19th, 2010, By Umar Hadi

Blog Belajar Bahasa Inggris Lahir

Halo Kawan belajar bahasa Inggris online, mulai hari ini kita akan belajar bahasa Inggris bersama-sama. Saya sengaja buat blog ini agar bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan yang ingin bisa bahasa Inggris. Apakah Anda termasuk di dalamnya ? Saya harap demikian.

Sebelumnya saya telah ada web yang sejenis seperti ini tepatnya di blog belajar bahasa yang fungsinya hampir sama nantinya dengan blog ini. Blog ini sendiri lahir untuk memperluas network dari blog sebelumnya bahkan bisa lebih spesifik dari blog bahasa sebelumnya karena yang ini khusus fokus ke bahasa Inggrisnya saja.

Di sini nantinya Anda bisa membaca artikel-artikel seputar bahasa Inggris, mengapa kita perlu belajar bahasa Inggris, motivasi-motivasi agar cepat bisa bahasa Inggirs, dan masih banyak lagi. Dan Anda bisa juga menyumbang artikel-artikel berbau bahasa Inggris entah itu dari pengetahuan membaca atau pengalaman langsung.

Intinya adalah web ini didesikasikan untuk masyarakat umum yang ingin belajar bahasa Inggris, maka mulai saat ini hingga hari-hari kedepannya Anda bisa jumpai tips-tips bahasa Inggris. Semoga dengan lahirnya web ini bisa bermanfaat khususnya bagi raykat Indonesia.

Wasslam,

Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search This Blog