Narbal

Rabu, 14 September 2011

Menulis itu Seperti ‘Terapi’ Kesehatan

Menulis itu Seperti ‘Terapi’ Kesehatan

Sumber google
Sumber google

Fatima Mernissi, seorang intelektual Maroko, mengungkapkan bahwa menulis merupakan forum terbaik untuk menumpahkan apa saja yang mengganggu pikiran dan perasaan. Lebih lanjut, Fatima Mernissi mewartakan kepada kita bahwa menulis dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia.

Pagi sahabat GG. Tahu nggak apa yang paling gue sesali ketika tidak melakukan apa-apa dalam beberapa jam setiap hari? Online. Trus, yang selalu gue kerjakan tiap hari??? Menulis. Yah, gue suka menulis. Kebanyakan tulisan gue mengenai informasi yang patut dibagi untuk kalian, dan tentang kehidupan sehari-hari sebagai cowok. Ada rasa puas sendiri tentunya jika sudah menulis.

Seberapa pentingkah menulis tersebut? Oke…oke.. pasti kalian ada yang menjawab, gue nggak berbakat, gue malas nulis, dan sebagainya. Atau juga, gue menulis karna pengen, hobi semata, untuk sampingan ketika rutinitas wajib sehari-hari telah usai. Apapun alasan kalian? Itu terserah kalian sebenarnya. Yang jelas menulis itu sehat kok.

Percuma gaul, percuma nenteng gadget terbaru, percuma kalian hebat seperti apapun tapi jika tidak sehat. Banyak orang - orang besar, pintar, intelektual, dan cerdas selalu menuliskan sejarah mereka dalam tulisan. Jika mereka saja menulis, lalu kapan kalian mulai menulis?? Setidaknya anak dan cucu-cucu kalian tahu siapa kalian di masa lalunya bagi mereka.

Menulis, pada hakikatnya merupakan aktivitas yang menggerakkan energi imajinatif nan mencerahkan. Aktivitas menulis tak hanya membuat fisik menjadi sehat dan membuat jasmani kita kuat tetapi juga mencemerlangkan kehidupan. Menulis juga menjadi kekuatan untuk bertahan dari gempuran penyakit yang telah berakar dalam tubuh.

Maka, dapat kita lacak dalam lanskap aras dunia kepenulisan termaktub nama-nama penulis yang berkarib dengan penyakit, namun tetap bugar. Aktivitas menulis yang getol dengan kajian bahasa dan menganyam kata secara detail dapat menjadikan tubuh kita bebas dari penyakit kronis.

Menumpahkan gagasan dalam bentuk teks juga menjadi terapi yang menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan sahabat GG, seorang penulis buku, M.Iqbal Dawami *penulis best seller*, memberitahukan banyak sekali manfaat ia menulis seperti yang ada dalam bukunya, The Miracle of writing. Beruntung buat sahabat GG yang suka baca blog gue ini.

Memang nggak semua orang melakukan hal yang sama dengan orang lain dalam kehidupan sehari-harinya. Nggak semua orang tahu apa yang gue baca, apa yang gue rasakan dan apa yang gue temukan. Inilah yang gue sebut beruntung, gue akan selalu membagikan setiap aktivitas sehari-hari gue kepada kalian khususnya informasi positif yang wajib kalian juga tahu.

Manfaat menulis oleh M.Iqbal Dawani

Pertama. Ia membebaskan kita untuk berekspresi, salah satu cara mengontrol marah, benci, muak, sakit hati, bahagia dan lainsebagainya. Tulisan itu akan mewakili setiap emosi kita.

Kedua. Menulis akan membebaskan kita untukmencapai mimpi, harapan yang tak bisa kita wujudkan dalam kehidupan realitas kita.

Ketiga. Menulis akan membebaskan kita dari perasaan minder saat kita berada di antara orang-orang besar yang punya banyak kelebihan. Sedikitnya, mengurangi diri kita dari perasaan minder yang selalu kita rasakan ketika kekurangan lebih mendominasi daripada kelebihan yang terdapat dalam diri kita.

Keempat.Bahwa dengan menulis bisa membuat kita cerdas. Dan, kecerdasan ini tak bisa kita nilai hanya dari akademis, tapi juga dari setiap perilaku, kemampuan untuk senantiasa mencerna dari tiap hal yang terjadi di sekeliling kita, mengasah kemampuan untuk menambah wawasan.

Kelima. Ketika setiap hal bisa kita ungkapkan dengan menulis dan menjadi tulisan utuh yang bisa dihargai oleh diri kita dan orang lain, tak bisa dihindari jika kepuasan akan kemampuan diri kita menjadi motivasi untuk bangkit dari lelap. Kita akan sadar betapa bangganya kita pada diri sendiri.

Itulah sedikit manfaat menulis dan menulis sebagai terapi kesehatan. Sahabat GG, masih banyak sekali sebenarnya manfaat menulis yang patut gue berikan kepada kalian tentunya. Ini sekedar berbagi bukan untuk sekedar cari aksi.

Untuk yang suka baca blog gue, sahabat GG, terimakasih banyak. Semoga postingan gue selalu bermanfaat buat kalian. Terimakasih.

*menulis untuk berbagi*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search This Blog